Breaking News
Loading...
Sunday 18 September 2016

Info Post


Kegiatan Kearsipan
  

1.       Kegiatan penciptaan
    Merupakan suatu proses pembuatan dan penerimaan arsip yang terdiri dari pengurusan surat masuk maupun surat keluar(mail handling), baik mengggunakan sistem buku agenda maupun kartu kendali ( KK).

2.     Kegiatan Penyimpanan (Filing) dan penemuan kembali ( Finding)
a.      kegiatan penyimpanan ( Filing )
     adalah kegiatan yang dimulai dari pengecekan tanda pelepas yang ditandai dengan tanda disposisi dep, pemberian kode-kode penyimpaiayan sampai pembuatan arsip tersebut disimpan kedalam folder dan dimasukan kedalam filing cabinet.
b.     kegiatan penemuan kembali ( Finding )
     adalah kegiatan yang dimulai dari permintaan arsip dari pihak lain mengidentifikasi masalah sesuai dengan kode penyimpanan terdapat pada daftar klasifikasi, hingga penemuan kembali arsip, ditempat penyimpanannya sesuai dengan kode penyimpanannya.



3.     Kegiatan Penyelamatan
    Yaitu kegiatan penyelamatan arsip agar tidak diketahui oleh yang tidak berhak, rusak atau hal-hal lain yang menyebabkan hilangnya nilai guna arsip kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan:
a.      Pengamanan
b.     Pemeliharan
c.      Perawatan

4.     Kegiatan Penyusutan
   Adalah kegiatan mengurangi jumlah arsip yang disimpan, terutama arsip-arsip yang telah hilang nilai guna arsipnya, sehingga arsip yang tersimpan benar-benar arsip yang memiliki nilai guna tinggi.
a.      Penilaian/pemindahan
b.     Pemusnahan
c.      Penyerahan

0 comments:

Post a Comment