Breaking News
Loading...
Sunday 18 September 2016

Info Post



Terkadang ketika sudah memutuskan untuk berwirausaha, Anda bingung untuk memulainya. Langkah termudah adalah memulai dari hal yang Anda minati. Ketahuilah apakah minat Anda itu hanya sekedar hobi atau akan dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Kesuksesan akan datang dengan sendirinya ketika Anda memiliki pijakan awal yang kuat dan tidak pernah menyerah terhadap proses yang ada. Contohnya :
1.      Anda suka mengoleksi mainan. Apakah Anda harus berbisnis mainan atau menjadi kolektor mainan? Semua tergantung pada minat Anda yang senang melihat barang yang unik dan lucu atau senang berjualan barang yang unik dan lucu.
2.      Jika Anda senang memasak, pikirkanlah apakah minat Anda itu sekedar hobi atau ada keinginan untuk memasak enak untuk orang lain. Jika hanya merupakan hobi, anda bisa berbisnis restoran dengan mempekerjakan seorang koki untuk memasak. Namun, jika Anda senang dan ahli memasak Anda bisa membuka usaha restoran dengan Anda sebagai kokinya.
Cara sukses dalam memanfaatkan peluang menjadi sebuah usaha adalah dengan mengetahui hubngan antara Aku, Bisnis, dan pasar.
Perhatikan gambar berikut :

Berdasarkan gambar terlihat bahwa ada empat langkah untuk menemukan inspirasi usaha, yaitu sebagai berikut.
1.      Tentukan dari mana Anda mulai menemukan sebuah sumber peluang.
Sumber peluang yang paling potensial adalah diri anda, dan salah satu minat adalah minat anda. Setelah mengetahui pijakan awal anda, mulailah melakukan riset dan percobaan untuk menemukan kekuatan peluang anda di segmen/sektor yang tepat.
2.      Temukan sektor yang tepat untuk Anda masuki.
Kekuatan peluang bertumpu pada kekuatan sektor bisnis yang tepat sehingga anda harus benar-benar memilih yang paling sesuai dengan minat. Kekuatan sebuah bisnis yang tepat adalah kekosongan pasarnya sehingga anda dapat mengisi kekosongan pasar itu.
3.      Berdayakan kekuatan produk Anda agar memiliki nilai jual.
Memiliki peluang bagus dan mampu mengisi kekosongan pasar namun tidak memiliki nilai jual yang tinggi akan membuat peluang itu hanya sekedar impian karena produk tidak akan laku di pasaran (tidak memenuhi kebutuhan dan tren pasar). Ini sebuah proses yang sangat penting dari tahapan di atas
4.      Evaluasi dan berdayakan peluang Anda menjadi sebuah produk (suatu bisnis).
Langkah terakhir untuk memanfaatkan peluang adalah dengan mengevaluasi dan menganalisa faktor keberhasilan dan faktor kegagalan peluang usaha anda, lalu kembangkan menjadi sebuah produk sebelum anda memulai bisnis.

0 comments:

Post a Comment